Sekolah Hebat Berprestasi
SDN 14 Lubuklinggau merupakan salah satu SD Negeri yang berada di Kecamatan Lubuklinggau Barat I, yang teletak di jalan Letkol Atmo Kel. Sukajadi. Kondisi masyarakat lingkungan sekolah sebagai masyarakat yang relatif memiliki wawasan yang memadai. Sebagian besar masyarakat bermata pencaharian pedagang, wiraswasta dan Aparatur Sipil Negera (ASN). Dengan demikian kondisi sosial orang tua siswa rata-rata menengah kebawah, namun dengan tingkat kepedulian yang cukup. Kondisi ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SDN 14 Lubuklinggau.
Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari siswa. Lingkungan Sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar. Pendampingan aktif dari guru-guru dilakukan saat siswa berinteraksi untuk memastikan proses sosialisasi siswa berjalan sesuai yang diharapkan. SD Negeri 14 Lubuklinggau meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini akan berkembang maksimal apabila siswa berada dalam lingkungan belajar yang literat (literate environment). Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan siswa di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam permainan tradisional, sarana olah raga dan tanaman mulai dari tanaman buah, hias, dan apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa.
Peserta didik SD Negeri 14 yang berjumlah sebanyak 305 orang yang terbagi ke dalam fase A, B dan C dikelompokkan ke dalam 12 rombel. Berdasarkan hasil observasi, dan rapor pendidikan tahun 2022 ringkasan kualitas pendidikan satuan pendidikan pada mutu hasil belajar peserta didik diketahui karakteristik peserta didik SD Negeri 14 Lubuklinggau dari kompetensi atau kemampuan literasi, numerasi dan indeks karakter adalah:
Kemampuan literasi sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi mahir.
Kemampuan numerasi, kurang dari 20% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi. Dengan sangat rendahnya kemampuan numerasi peserta didik maka pada kompetensi numerasi akan lebih di tingkatkan dengan memaksimalkan peroses pembelajaran yang lebih interaktis efektif dan menyenagkan sehingga siswa dapat memahami dan menguasai kompetensi numerasi.
Indeks Karakter, peserta didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari.
SD Negeri 14 Lubuklinggau memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang sebagian besar ditunjang dengan tingkat pendidikan yang sesuai dengan tugas yang diampu. Tenaga pendidik dan kependidikan berjumlah 19 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 11 guru kelas yang memiliki kualifikasi S-1, 1 guru kelas yang memiliki kualifikasi S-2, 2 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang berkualifikasi S-1, 2 orang guru PJOK, 1 orang TU, dan 1 orang tenaga administrasi (operator sekolah).
Berdasarkan hasil observasi dari data Dapodik dan kodisi nyata diketahui bahwa karakteristik GTK di SD Negeri 14 Lubuklinggau adalah:
Berdasarkan rapor pendidikan 2022 secara umum dinyatakan bahwa GTK pada SDN 1 Lubuklinggau nilai uji kompetensi Guru rata-rata nilai UKG sudah baik, dan pengalaman pelatihan masih tergolong kategori sedang merintis dalam keikutsertaan guru dalam pelatihan.